Keefektifan Model Kooperatif Tipe Concept Sentence dan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sleman

Rahmawati, Yeni (2015) Keefektifan Model Kooperatif Tipe Concept Sentence dan Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yeni-rahmawati-13706251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara model kooperatif tipe concept sentence, model kooperatif tipe think-pair-share, dan model tradisional dalam pembelajaran menulis deskripsi peserta didik kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif antara model kooperatif tipe concept sentence, model kooperatif tipe think-pair-share, dan model tradisional dalam pembelajaran menulis deskripsi peserta didik kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang terdiri atas tiga kategori, yaitu model kooperatif tipe concept sentence, model kooperatif tipe think-pair-share, dan model tradisional. Variabel terikat penelitian ini adalah menulis karangan deskripsi peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian melalui metode nontes berupa penugasan menulis deskripsi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian karangan yang disertai rubrik. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahli. Teknik antarrater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen. Teknik analisis data menggunakan Anava satu jalan yang dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model kooperatif tipe concept sentence, model kooperatif tipe think-pair-share, dan model tradisional dalam pembelajaran menulis deskripsi dengan nilai F =140,578 dan sig (p) < 0,05. Model kooperatif tipe think-pair-share paling efektif dalam pembelajaran menulis deskripsi daripada model kooperatif tipe concept sentence dan model tradisional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Concept Sentence, Think-Pair-Share, Deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 11 Nov 2022 06:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item