PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT TEKNIK PENGGUNAAN SUHU RENDAH DI SMK NEGERI 1 PANDAK

Marwinda, Hastari (2015) PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT TEKNIK PENGGUNAAN SUHU RENDAH DI SMK NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Marwinda Hastari 09511242002.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT TEKNIK PENGGUNAAN SUHU RENDAH DI SMK NEGERI 1 PANDAK Oleh : Marwinda Hastari 09511242002 Tujuan penelitian ini adalah; (1) Dapat menerapkan metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata diklat Penerapan Teknik Penggunaan Suhu Rendah; (2) Mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas X TPHP pada mata diklat Penerapan Teknik Penggunaan Suhu Rendah di SMK Negeri 1 Pandak, pada saat sebelum dan sesudah perlakuan; (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pandak jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Sampel penelitian adalah kelas X TPHP 1 dan X TPHP 2. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t model Separated varian. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Pembelajaran Teknik Penggunaan Suhu Rendah dengan metode Numbered Heads Together (NHT) sudah tepat dan sesuai. 2) Terdapat kenaikan nilai sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. Kenaikan nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 22,5%. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT), dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional, yaitu hasil belajar dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian metode Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20788

Actions (login required)

View Item View Item