ANALISIS TINDAK LANJUT HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL MEMBATIK DI SMP N 2 SLEMAN BERDASARKAN PENILAIAN MASYARAKAT INDUSTRI BATIK GIRILOYO

Yunita, Fatmawati (2015) ANALISIS TINDAK LANJUT HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL MEMBATIK DI SMP N 2 SLEMAN BERDASARKAN PENILAIAN MASYARAKAT INDUSTRI BATIK GIRILOYO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
yunitacd baru.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ANALISIS TINDAK LANJUT HASIL BELAJAR MUATAN LOKAL MEMBATIK DI SMP N 2 SLEMAN BERDASARKAN PENILAIAN MASYARAKAT INDUSTRI BATIK GIRILOYO Oleh : Yunita Fatmawati NIM : 06513241006 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian masyarakat industri terhadap hasil belajar muatan lokal membatik di SMP N 2 Sleman ditinjau dari: 1) Rancangan membatik; 2) Proses membatik; 3) Hasil membatik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan menggunakan pendekatan evaluasi dengan salah satu dari beberapa model evaluasi yaitu evaluasi hasil. Populasi dari penelitian ini adalah hasil belajar muatan lokal membatik siswa kelas IX SMP N 2 Sleman, dan Masyarakat industri batik di Yogyakarta. Teknik pengmbilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel diambil sebanyak 6 kain batik, dan Industri batik di Giriloyo Bantul sebanyak 12 industri. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar muatan lokal membatik di SMP N 2 Sleman ditinjau dari: 1) Rancangan membatik meliputi sumber ide,pola motif, dan disain motif dengan prosentase 83,33% termasuk dalam kategori baik; 2) Proses membatik meliputi pelekatan malam, pewarnaan, dan pelorodan dengan prosentase 66,67% termasuk dalam kategori baik; 3) Hasil membatik meliputi pemilihan warna warna, pemilihan motif dengan prosentase 75 % termasuk dalam kategori baik. Kata Kunci: Analisis, Hasil Belajar, Membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item