PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN KERJA BANGKU DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

Martin, Widadi (2015) PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN KERJA BANGKU DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Martin Widadi 07503241004.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN HANDOUT PEMBELAJARAN KERJA BANGKU DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh: Martin Widadi NIM. 07503241004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan proses pengembangan handout pembelajaran kerja bangku di SMK Negeri 1 Seyegan. Mengetahui kelayakan handout yang telah dibuat untuk pembelajaran pada mata pelajaran kerja bangku di SMK Negeri 1 Seyegan, serta untuk mengetahui hasil penerepan handout pembelajaran kerja bangku dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Seyegan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Seyegan Sleman pada peserta didik kelas x Jurusan Teknik Fabrikasi Logam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, dengan tujuan untuk menentukan kelayakan modul. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan persentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran cetak berupa handout yang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: (1) survey awal; (2) analisis kebutuhan; (3) desain produk awal; (4) validasi desain; (5) perbaikan desain; (6) uji coba terbatas; (7) uji coba luas; (8) uji coba pemakaian; (9) handout jadi. Setelah melalui validasi desain dan perbaikan desain handout pembelajaran kerja bangku yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dan dimanfaatkan sebagai salah satu suplemen pembelajaran dilihat dari penilaian yang diberikan oleh ahli materi memperoleh persentase total sebesar 75,4%, menurut ahli media pembelajaran memperoleh persentase total sebesar 84,6%. Pada pengujian terbatas memperoleh penilaian total sebesar 86,61%, sedangkan pada uji luas memperoleh penilalian total sebesar 87,8%. Sedangkan pada tahapan uji coba penerapan hasilnya terdapat perbedaan rata-rata nilai, yaitu untuk kelas kontrol rata-rata nilai sebesar 76,2 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 81,1. Sehingga handout pembelajaran kerja bangku ini dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik sebesar 58,71%. Berdasarkan peningkatan prestasi belajar maka hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran mata diklat Kerja Bangku di SMK Negeri 1 Seyegan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20782

Actions (login required)

View Item View Item