EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI KEJURUAN PEMESINAN DASAR KELAS X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

WAHYUDI, WAHYUDI (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI KEJURUAN PEMESINAN DASAR KELAS X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
wahyudi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KOMPETENSI KEJURUAN PEMESINAN DASAR KELAS X SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : WAHYUDI 11503247003 Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inquiry dalam meningkatan berpikir kritis siswa kelas X pemesinan di SMK PIRI 1 Yogyakarta pada kompetensi kejuruan pemesinan dasar mata pelajaran menggunakan alat ukur dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Kelas X MA sebagai kelompok eksperimen mengalami perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dalam kegiatan belajar mengajarnya, sedangkan kelas X MB sebagai kelompok kontrol tetap menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab dalam kegiatan belajar mengajarnya. Tenik pengumpulan data menggunakan instrument tes berpikir kritis (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil berpikir kritis kedua kelas yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukan data peningkatan keterampilan siswa dalam berpikir kritis pada mata pelajaran menggunakan alat ukur dasar. Secara umum pada hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil posttest kelas kontrol diperoleh mean 68, median 70, modus 60, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah adalah 55. Hasil postest pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan Inquiry diperoleh mean 80, median 80, modus 85, nilai tertinggi 88 dan nilai terendah adalah 65. Peningkatan selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest juga lebih besar kelas eksperimen dengan 66,67% dari pada kelas kontrol dengan 47,54%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Inqury.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20780

Actions (login required)

View Item View Item