EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DAN PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MENGIKUTI LOMBA KOMPETENSI SISWA DI SMK SE KOTA WONOSARI

Tri, Teguh Yuwono (2015) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DAN PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MENGIKUTI LOMBA KOMPETENSI SISWA DI SMK SE KOTA WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tri teguh yuwono-batas-eprint-10 juni.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DAN PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MENGIKUTI LOMBA KOMPETENSI SISWA DI SMK SE KOTA WONOSARI Oleh : Tri Teguh Yuwono NIM: 09502244005 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui efektivitas implementasi kebijakan yang diterapkan sekolah dalam mempersiapkan sekolah untuk ikut serta pada Lomba Kompetensi Siswa di SMK se Kota Wonosari; (2) mengetahui efektivitas peranan guru pembimbing untuk mempersiapkan siswa yang akan diterjunkan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa di SMK se Kota Wonosari; (3) mengetahui hubungan kebijakan sekolah dengan hasil Lomba Kompetensi Siswa di SMK se Kota Wonosari; (4) mengetahui hubungan peranan guru pembimbing dengan hasil Lomba Kompetensi Siswa di SMK se Kota Wonosari. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan se Kota Wonosari, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan kategori penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari para guru di 6 (enam) SMK di kota Wonosari. Yakni para guru pembimbing LKS dan para guru yang terlibat didalam persiapan sekolah ikut serta pada LKS. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Validitas instrumen penelitian diujikan kepada para ahli (judgment experts) dan validitas konstrak, yakni dengan menguji instrumen di lapangan. Reliabilitas instrumen penelitian diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian adalah statistik deskriptif dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian ini adalah: (1) secara keseluruhan efektivitas implementasi kebijakan sekolah di SMK se Kota Wonosari dalam persiapan ikut serta pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) telah memenuhi kategori baik, hal ini ditunjukan dengan perolehan persentase sebesar 85,86%; (2) secara keseluruhan peranan guru pembimbing di SMK se kota Wonosari dalam mempersiapkan siswa untuk mengikuti LKS efektivitas kategorinya telah baik dengan perolehan persentase efektivitas sebesar 86,61%; (3) terdapat hubungan antara kebijakan sekolah dengan hasil LKS di SMK se Kota Wonosari. Hal ini ditunjukan dengan korelasi sebesar 0,891 dan signifikansi sebesar 0,017; (4) tidak terdapat hubungan antara peranan guru pembimbing dengan hasil LKS di SMK se Kota Wonosari. Hal ini ditunjukan dengan korelasi sebesar 0,691 dan signifikansi sebesar 0,125. Kata kunci: kebijakan sekolah, peranan guru pembimbing, LKS, SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Jun 2015 00:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20775

Actions (login required)

View Item View Item