Aji, Aan Diang Frastika (2014) KAJIAN MIKROSTRUKTUR IKLAN OPERATOR SELULER DI TELEVISI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Aan Diang Frastika Aji 07210141021.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mikrostruktur yang terdapat dalam iklan operator seluler di televisi, khususnya ditinjau dari segi: (1) elemen semantik, (2) elemen sintaksis, (3) elemen leksikon, (4) elemen retorika. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Digunakan metode simak karena merupakan pengamatan, yaitu menyimak penggunaan bahasa dalam iklan operator seluler. Data penelitian ini berwujud kata/frase/klausa/kalimat. Sumber data berupa aspek kebahasaan yang tercantum dalam iklan operator seluler di televisi dalam bentuk transkripsi. Analisis data dilakukan dengan metode padan dengan teknik daya pilah referensial. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, elemen semantik terdiri dari latar, detil, maksud, pengingkaran dan pranggapan. Elemen latar ditemukan 2 wujud yaitu latar keuntungan dan latar keresahan, terdapat 6 indikator yaitu telepon murah, pentingnya internet, tarif pulsa, sinyal atau jaringan kuat, takut mahal dan fasilitas produk. Detil keuntungan ditemukan 5 indikator yaitu keuntungan internet, hemat, satu rupiah, murah dan gratis. Maksud keuntungan ditemukan 7 indikator yaitu gratis, murah, kualitas jaringan, bebas bicara, internet gratis, pilihan dan gaul-cerdas. Pengingkaran ditemukan 2 indikator yaitu kondisi pulsa dan kondisi hemat. Pranggapan berupa elemen tunggal. Kedua, elemen sintaksis terdiri dari koherensi, bentuk kalimat dan kata ganti. Elemen koherensi ditemukan 6 indikator yaitu sebab-akibat, perbandingan, penjelasan, syarat-hasil, alasan-sebab dan perlawanan. Elemen bentuk kalimat ditemukan 4 indikator yaitu kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat interogatif dan kalimat ekslamatif. Elemen kata ganti ditemukan 5 indikator yaitu persona pertama tunggal, persona pertama jamak, persona kedua tunggal, persona kedua jamak dan persona ketiga tunggal. Ketiga, elemen leksikon terdiri dari elemen kata emotif, elemen singkatan, elemen akronim, elemen pemakaian partikel, elemen campur kode, elemen alih kode dan elemen kata serapan. Keempat, elemen retorika terdiri dari gaya bahasa, ekspresi dan interaksi. Elemen gaya bahasa ditemukan 5 indikator yaitu hiperbola, repetisi, aliterasi, ironi dan metonomia. Elemen ekspresi ditemukan 3 indikator yaitu huruf besar-kecil berwarna, huruf kapital berwarna, huruf kecil tebal berwarna. Elemen interaksi sebagai elemen tunggal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mikrostruktur, iklan, televisi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 07:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20767 |
Actions (login required)
View Item |