UNSUR TARI DALAM UPAYA PELESTARIAN KETHOPRAK TOBONG KELANA BHAKTI BUDAYA DI DESA BAYEN KELURAHAN PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Ardilla, Yoqta Gita (2014) UNSUR TARI DALAM UPAYA PELESTARIAN KETHOPRAK TOBONG KELANA BHAKTI BUDAYA DI DESA BAYEN KELURAHAN PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yoqta Gita Ardilla 09209241055.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian yang dilakukan pada grup kesenian kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya” di Desa Bayen, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang difokuskan pada upaya pelestarian grup kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya”. Objek terhadap penelitian adalah grup kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya”. Data berupa uraian tertulis dari hasil observasi, hasil wawancara dan studi dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Langkah awal dengan mendeskripsikan latar belakang terbentuknya grup kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya”, bentuk serta fungsi pertunjukan kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya”. Langkah berikutnya adalah mendeskripsikan upaya pelestarian grup kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya” merupakan satu-satunya grup kethoprak tobong yang tersisa di Kabupaten Sleman. Terbentuknya grup kesenian kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya” dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi yang dalam penyajiannya yaitu berupa pertunjukan komersial dengan fungsi primer sebagai sarana hiburan dan media tuntunan. Sedangkan fungsi sekunder adalah sebagai: (1) media aktivitas sosial baik antar anggota maupun anggota dengan masyarakat luar, (2) penyalur kecintaan terhadap kesenian tradisi yang digeluti (panggilan jiwa), serta (3) sebagai sumbangan pada pelestarian terhadap apa yang sudah dimiliki. Upaya pelestarian grup kethoprak tobong “Kelana Bhakti Budaya” meliputi: pembenahan dan perawatan bangunan fisik tobong, kegiatan latihan pada event-event yang akan diadakan, membuka lahan partisipasi bagi warga sekitar, menyebarkan kabar berita atau kegiatan promosi bagi warga sekitar, musyawarah anggota, serta menjalin kerjasama dengan pihak yang berkompeten. Di samping hal-hal tersebut, grup kethoprak tobong ini memasukkan unsur gerak tari dalam penyajiannya sehingga menjadi pertunjukan yang lebih menarik bagi penonton.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelestarian, kethoprak tobong
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:55
Last Modified: 29 Jan 2019 23:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item