PENGARUH RITUAL MEMANDIKAN JARAN KEPANG DAN BARONGAN DALAM KESENIAN JATHILAN TERHADAP MASYARAKAT DI PEMANDIAN CLERENG DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KULON PROGO

Prawita, Thoyibah (2014) PENGARUH RITUAL MEMANDIKAN JARAN KEPANG DAN BARONGAN DALAM KESENIAN JATHILAN TERHADAP MASYARAKAT DI PEMANDIAN CLERENG DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Thoyibah Prawita 10209244032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh-pengaruh yang timbul dengan diadakannya ritual memandikan jaran kepang dan barongan dalam kesenian jathilan terhadap masyarakat di Pemandian Clereng, desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitiannya adalah grup-grup kesenian jathilan yang rutin mengikuti acara ritual memandikan jaran kepang dan barongan di pemandian Clereng tempat berkembangnya ritual memandikan jaran kepang dan barongan dalam kesenian jathilan. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan pengaruh yang timbul dengan diadakannya ritual memandikan jaran kepang dan barongan dalam kesenian jathilan terhadap masyarakat di pemandian Clereng. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif untuk mengetahui pengaruh-pengaruh yang timbul akibat kegiatan tersebut. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ritual memandikan jaran kepang dan barongan dalam kesenian jathilan terhadap masyarakat sekitar pemandian Clereng desa Sendangsari, Pengasih Kulon Progo menimbulkan suatu pengaruh. Pertama, pengaruh internal yaitu pengaruh yang timbul dan berhubungan dengan kesenian jathilan itu sendiri. Kedua, pengaruh eksternal yaitu pengaruh yang timbul karena kepercayaan masyarakat menyangkut kehidupan masyarakat sekitar pemandian Clereng, desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih Kulon Progo diadakannya acara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ritual memandikan, jaran kepang dan barongan, jathilan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20764

Actions (login required)

View Item View Item