HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE, SOROGENEN KALASAN YOGYAKARTA

Sunyar, Rinanti Murdianing (2014) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE, SOROGENEN KALASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rinanti Murdianing Sunyar 10209244001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi orang tua dan minat anak dalam pencapaian prestasi belajar tari di Sanggar Tari Kembang Sore. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa studi korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 30 responden yang mengikuti kursus sanggar di Sanggar Tari Kembang Sore beserta orang tua masing-masing. Data diperoleh dari angket dan performance test yang kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, teknik korelasi Product Moment dari Pearson dan korelasi ganda (multiple correlation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hipotesis pertama yang berbunyi “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi orang tua terhadap anak dengan prestasi belajar tari di Sanggar Tari Kembang Sore” teruji kebenarannya dengan hasil nilai rhitung rtabel (0,580 0,361) dengan P 0,05 yakni 0,000 0,05 sehingga motivasi orang tua(X1) berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar tari (Y) yang bermakna jika semakin tinggi motivasi orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar tari anak (2) hipotesis kedua yang berbunyi “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat anak terhadap prestasi belajar tari di Sanggar Tari Kembang Sore” teruji kebenarannya dengan nilai rhitung rtabel (0,588 0,361) dengan P 0,05 yakni 0,000 0,05 sehingga minat anak (X2) berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar tari (Y) yang bermakna semakin tinggi minat anak maka semakin tinggi pula prestasi belajar tari yang dicapai (3) hipotesis ketiga yang berbunyi “terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi orang tua dan minat anak secara bersama-sama terhadap prestasi belajar tari di Sanggar Tari Kembang Sore” teruji kebenarannya dengan nilai Rhitung adalah 0,684 dan nilai Fhitung dari Ftabel (11,895 3,32) dengan taraf signifikansi 0,00 0,05 sehingga motivasi orang tua (X1) dan minat anak (X2) secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar tari di Sanggar Tari Kembang Sore yang memiliki makna semakin tinggi motivasi orang tua dan minat anak maka semakin tinggi pila prestasi belajar tari yang dicapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motivasi, minat, prestasi seni tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20760

Actions (login required)

View Item View Item