NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DALAM KESENIAN BANGILUN DI DUSUN PLONO BARAT DESA PAGERHARJO KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO

Pratiwi, Ika Dewi (2014) NILAI-NILAI BUDI PEKERTI DALAM KESENIAN BANGILUN DI DUSUN PLONO BARAT DESA PAGERHARJO KECAMATAN SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Dewi Pratiwi 09209241019.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai budi pekerti yang terdapat dalam kesenian Bangilun di Dusun Plono Barat Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Kesenian Bangilun termasuk salah satu jenis kesenian rakyat sholawatan yang bernafaskan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seniman kesenian Bangilun, perangkat desa, dan masyarakat Plono Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan teknik triangulasi, yang digunakan adalah: a) reduksi data, b) display data, dan c) pengambilan kesimpulan. Dari pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut; 1) kesenian Bangilun di dusun Plono Barat merupakan salah satu kesenian yang berfungsi sebagai sarana dakwah penyebaran agama Islam. Bentuk penyajiannya berupa gerak-gerak silat dan diiringi syair puji-pujian Islami dengan menggunakan iringan terbang, bedhug (bass drum) dan kempyang. Busana yang digunakanpun sopan serta menggunkan properti berupa kipas. 2) Sebagai kesenian yang berfungsi untuk media dakwah agama, kesenian Bangilun mengadung nilai-nilai budi pekerti yang berisi tentang ajaran-ajaran agama Islam untuk kehidupan manusia. Unsur nilai budi pekerti tersebut antara lain a) keimanan b) kedisiplinan c) sopan santun d) ketekunan e) menghormati f) estetika. 3) Kesenian Bangilun di dusun Plono Barat perlu dilestarikan keberadaanya baik seniman, perangkat desa dan masyarakat pendukungnya mengingat peran kesenian tersebut sebagai satu bentuk hiburan yang berisi tentang ajaran dan tuntunan hidup bagi masyarakat di dusun Plono Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Budi Pekerti, Kesenian Bangilun
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 06:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item View Item