HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN

Pratama, Anggita Laras (2014) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN KECERDASAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggita Laras Pratama 10209244017.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan kecerdasan kinestetik dengan prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan korelasional. Metode yang digunakan adalah survei. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII konsentrasi tari SMP Muhammadiyah 3 Depok. Instrumen yang digunakan yaitu minat belajar seni tari yang diukur menggunakan angket, kecerdasan kinestetik dengan menggunakan kinestetik obstakel test, dan prestasi belajar seni tari yang diukur menggunakan tes praktik tari kreasi baru. Analisis data menggunakan uji regresi korelasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS seri 16 maka diperoleh data rx1.y = 0,800 > r(0.05)(22) = 0,404, dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada hubungan positif signifikan antara minat dan prestai belajar seni tari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, ter4uji kebenarannya (2) Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS seri 16 maka diperoleh data rx2.y = 0,748 > r(0.05)(22) = 0,404, dengan demikian hipotesis yang berbunyi ada hubungan positif signifikan antara kecerdasan kinestetik dan prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, teruji kebenarannya (3) Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS seri 16 maka diperoleh data F hitung 22,490 > F tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 2;19 yaitu 3,52, dengan demikian hipotesis yang berbunyi Ada hubungan positif signifikan antara minat dan kecerdasan kinestetik secara bersama-sama dengan prestasi belajar seni tari kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, kecerdasan kinestetik, prestasi belajar seni tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 05:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item