KEEFEKTIFAN STRATEGI KESAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RONGKOP

Rohayati, Siti (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI KESAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RONGKOP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Rohayati 09201241060.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi kesan cerita dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop yang mengikuti pembelajaran membaca cerpen secara konvensional, (2) menguji keefektifan strategi kesan cerita dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group desain. Populasi dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan prates dan pascates yang dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban.Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Validitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer program iteman. Reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Kuder-Richardson 20 dan 21 (K-R 20 dan K-R 21). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis hasil uji-t data pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh th sebesar 2,587 dan P sebesar 0,014 (P < 0,05). Hasil uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh th 2,948 dan P sebesar 0,008 (P < 0,05). Gain skor rerata kelompok eksperimen sebesar 1,90 dan gain skor rerata kelompok kontrol sebesar 0,35. Berdasarkan data tersebut simpulan hasil penelitiaan ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi kesan cerita dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop yang mengikuti pembelajaran membaca cerpen secara konvensional, (2) strategi kesan cerita efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rongkop.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesan cerita, membaca cerpen, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item View Item