STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI TPRC (THINK, PREDICT, READ, CONNECT) DENGAN STRATEGI LRD (LISTEN, READ, DISCUSS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMPN 6 KROYA CILACAP

Wibowo, Prasetyo Adi (2013) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN STRATEGI TPRC (THINK, PREDICT, READ, CONNECT) DENGAN STRATEGI LRD (LISTEN, READ, DISCUSS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMPN 6 KROYA CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prasetyo Adi Wibowo 09201241022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi TPRC dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi LRD pada siswa kelas VIII SMPN 6 Kroya Cilacap; (2) mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC dan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi LRD pada siswa kelas VIII di SMPN 6 Kroya Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mengkomparasikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi TPRC dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi LRD. Desain penelitian ini menggunakan control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Kroya Cilacap. Teknik penyampelan yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas VIII B terpilih sebagai kelompok TPRC, dan kelas VIII C sebagai kelompok LRD. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Reliabilitas instrumen dilakukan dengan komputer program Iteman dengan menunjukkan nilai alpha sebesar 0,874, yang berarti tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t pada taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa seluruh data dalam penelitian ini bersifat normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok TPRC dan kelompok LRD diperoleh nilai sebesar 3,112 dan p sebesar 0,03 (p < 0,05). Skor rata-rata kelompok eksperimen TPRC mengalami kenaikan sebesar 4,74, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen LRD mengalami kenaikan sebesar 2,17. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi LRD pada siswa kelas VIII SMPN 6 Kroya Cilacap. (2) Pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi LRD dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMPN 6 Kroya Cilacap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TPRC, LRD, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item