UPAYAPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN CERITA PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO

Octianasari, Kartika (2013) UPAYAPENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN CERITA PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO. S1 thesis, u.

[img]
Preview
Text
Kartika Octianasari 09201244065.pdf

Download (71MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar membaca cerpen siswa kelas XI bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo dengan menggunakan strategi Bermain Cerita. Melalui strategi Bermain Cerita, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI bahasa, yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, observasi, wawancara, tes keterampilan membaca cerpen, serta catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan membaca cerpen siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Bermain Cerita dalam pengajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI bahasa SMA Muhammadiyah Wonosobo. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari semangat belajar, perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa dan proses belajar. Selain itu, peningkatan secara produk dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan membaca cerpen dari pratindakan sampai siklus II. Pada pratindakan, nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 59,75, kemudian meningkat menjadi 65,87 pada siklus I. Peningkatan yang terakhir terjadi pada siklus II yaitu menjadi 79,12. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I hingga siklus II dilihat dalam prosentase mencapai 90% siswa telah mencapai KKM, maka penelitian tersebut dinyatakan sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Membaca Cerpen, Strategi Bermain Cerita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20709

Actions (login required)

View Item View Item