UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MELALUI PENERAPAN MEDIA BUKU SAKU MAJAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X.9 SMA NEGERI 1 SLAWI

Mahendra, Ivan (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI MELALUI PENERAPAN MEDIA BUKU SAKU MAJAS PADA PESERTA DIDIK KELAS X.9 SMA NEGERI 1 SLAWI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ivan Mahendra 07201244092.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Slawi melalui penerapan media buku saku majas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.9 SMA Negeri 1 Slawi.Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis kreatif puisi peserta didik kelas X.9.Penelitian difokuskan pada kemampuan menulis peserta didik kelas X.9 dan penerapan media buku saku majas.Pelaksanaan menggunakan prosedur pratindakan, siklus I, siklus II.Data diperoleh melalui angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto.Data dianalisis dengan analisis kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (demokratik, proses, dialogis) dan reliabilitas (triangulasi melalui sumber, triangulasi melalui metode, triangulasi melalui teori). Kemampuan menulis kreatif peserta didik kelas X.9 mengalami peningkatan.Kemampuan rata-rata menulis kreatif puisi tahap pratindakan sebesar 63%, siklus I sebesar 69%, dan siklus II sebesar 77%.Peningkatan tahap pratindakan-siklus I sebesar 6%.Peningkatan tahap siklus I-siklus II sebesar 8%.Peningkatan keseluruhan yakni tahap pratindakan-siklus II sebesar 14%.Peningkatan kemampuan menulis kreatif puisi diidentifikasidari perkembangan pada kelima unsur puisi yang menjadi aspek penilaian.Perkembangan ditentukan dari kreativitas dan inovasi di setiap siklus.Perkembangan kemampuan menulis kreatif peserta didik dipengaruhi oleh keterlibatan media buku saku majas.Pengaruh dibuktikkan melalui angket refleksi pasca tindakan dan wawancara pasca tindakan.Hasil angket refleksi pasca tindakan mengindikasikan buku saku majas membantu dalam menulis puisi. Hasil wawancara mengindikasikan buku saku majas membantu dalam menemukan ide, menentukan diksi, dan mendayagunakan gaya bahasa. Penggunaan media buku saku majas dinilai telah menstimulasi peserta didik dan memperbarui media pembelajaran sebelumnya yang dianggap kurang representatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, peningkatan kemampuan menulis kreatif puisi, buku saku majas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:55
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20708

Actions (login required)

View Item View Item