KEEFEKTIFAN STRATEGI TABEL CATATAN (JOT CHARTS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL

Astuti, Fety (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI TABEL CATATAN (JOT CHARTS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fety Astuti 09201241048.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Tabel Catatan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Tabel Catatan; (2) mengetahui keefektifan strategi Tabel Catatan dalam pembelajaran membaca pemahaman. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret yang penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil sampel kelas terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pelaksanaan pretest dan posttest. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis uji-t data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 2,091 dan p sebesar 0,041 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 8,427 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Tabel Catatan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Tabel Catatan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret; (2) pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret menggunakan strategi Tabel Catatan lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pleret tanpa menggunakan strategi Tabel Catatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tabel catatan, jot charts, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20706

Actions (login required)

View Item View Item