KEEFEKTIFAN STRATEGI PANDUAN MEMBACA SELEKTIF (SELEKTIVE READING GUIDE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PAKEM

Suryani, Erny (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PANDUAN MEMBACA SELEKTIF (SELEKTIVE READING GUIDE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Erny Suryani 08201244009.pdf

Download (77MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar dengan strategi Panduan Membaca Selektif dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi Panduaan Membaca Selektif, dan (2) keefektifan strategi Panduan Membaca Selektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakem. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi Panduan Membaca Selektif dan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakem, dengan jumlah siswa sebanyak 128 siswa yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIA sebagai KK dan VIIB sebagai KE. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif dengan empat alternatif jawaban. Instrumen berupa soal pretest dan soal posttest membaca pemahaman. Uji validitas dilakukan dengan berkonsultasi pada dosen pembimbing, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas 1,990 pretest KK 0,824>0,05, pretest KE 0,282>0,05, posttest KE 0,578>0,05, posttest KE 0,167>0,05 maka sebaran data pretest dan posttest berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pretest sig 0,974>0,05 dan posttest sig 0,271>0,05 dengan 1,990, maka varian data homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang menggunakan strategi Panduan Membaca Selektif dan siswa tanpa menggunakan strategi Panduan Membaca Selektif. Hal ini sesuai dari hasil uji-t skor posttest KK dan KE diketahui sebesar 5,510 dengan df 62 pada signifikansi 5% diperoleh nilai 1.990 dan nilai P sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan nilai :5,510> :1,990 pada signifikansi 5% dan nilai P<0,05 (0,000<0,05). (2) Pembelajaran membaca pemahaman KE yang menggunakan strategi Panduan Membaca Selektif lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran KK tanpa menggunakan strategi Panduan Membaca Selektif. Hal ini terbukti dari hasil uji-t data pretest dan posttest KE diperoleh : 7,646 dengan df 31 dan P:0,000<0,05 dan data pretest dan posttest KK diperoleh : 1,973 dengan df 31 dan P: 0,057>0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Panduan Membaca Selektif, membaca, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item