KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA

Aliansyah, (2013) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aliansyah 09201244014.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara kelompok siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah, dan (2) keefektifan metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean. Metode pembelajaran berbasis masalah digunakan dalam penelitian ini dengan dilandaskan pada asumsi bahwa metode pembelajaran berbasis masalah memiliki beberapa kelebihan sehingga perlu diujicoba keefektifannya dalam pembelajaran menulis argumentasi. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group desain. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa metode pembelajaran berbasis masalah dan variabel terikat yang berupa keterampilan menulis karangan argumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean berjumlah 160. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas XA sebagai kelompok kontrol dan kelas XD sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis karangan argumentasi. Dari hasil uji normalitas sebaran data diperoleh nilai P prates kelompok kontrol, prates kelompok eksperimen, pascates kelompok kontrol, dan pascates kelompok eksperimen sebesar 0,200. Nilai P > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai P skor prates sebesar 0,645 dan skor pascates sebesar 0,963. Nilai P > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai prates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 0,192 dan ttabel sebesar 1,990 serta P sebesar 0,849. Nilai thitung < ttabel dan P lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan, sedangkan pada nilai pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 2,533 dan ttabel sebesar 1,990 serta P sebesar 0,014. Nilai thitung > ttabel dan P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan kelompok yang tidak menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan (2) metode pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah, Menulis Karangan Argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:28
Last Modified: 16 Jun 2015 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20702

Actions (login required)

View Item View Item