KEEFEKTIFAN METODE ”COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD” ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMAN 1 DEPOK SLEMAN

Mursid, Alan (2013) KEEFEKTIFAN METODE ”COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD” ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMAN 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alan Mursid 09201244017.PDF

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman antara kelompok yang menggunakan metode ”Cooperative Learning Type STAD” dengan kelompok tanpa menggunakan metode ”Cooperative Learning Type STAD”. Selain itu, penelitian ini juga untuk menguji keefektifan metode ”Cooperative Learning Type STAD” dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Metode dalam penelitian ini berupa Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman. Penentuan sampel dengan teknik Cluster Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, yaitu test (pretest-postest), observasi dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah iteman yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,84 yang berarti reliabel. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman dengan metode”Cooperative Learning Type STAD” dengan pembelajaran tanpa metode ”Cooperative Learning Type STAD”. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16. Uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan harga 6,666 dengan db=62 dan nilai p 0,000 (p < 0,05). Sementara hasil skor rata-rata (mean) pretest dan posttest kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai (mean) pretest (25.0625>25.1250) dan nilai (mean) posstest (25.8750>28.9375) yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode ”Cooperative Learning Type STAD” lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa metode ”Cooperative Learning Type STAD”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning type STAD, menyimak, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20701

Actions (login required)

View Item View Item