PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KOTA YOGYAKARTA

Yuliastanti (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuliastanti 09201241001.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap siswa dan guru di SMPN 8 Yogyakarta, SMPN 11 Yogyakarta, dan SMPN 15 Yogyakarta mengenai pembelajaran membaca sastra dan buku teks pelajaran bahasa Indonesia, mengetahui wujud kontekstual dari lingkungan sehari-hari siswa, RPP, dan buku teks pelajaran bahasa Indonesia, serta mengembangkan bahan ajar membaca sastra berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D), pengembangan dilakukan dengan mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan pembuatan bahan ajar membaca sastra, dan pengembangan produk. Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif yang berasal dari lembar angket untuk siswa dan guru dan lembar validasi ahli materi, guru, dan siswa serta format penelaahan untuk RPP dan buku teks pelajaran bahasa Indonesia yang digunakan. Analisis data pada telaah RPP dan buku bahasa Indonesia yang dilakukan adalah dengan mereduksi data (data ditulis dalam bentuk uraian kemudian direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal pokok, difokuskan kepada hal-hal penting), sedangkan pada angket maupun lembar validasi langkah-langkahnya meliputi: mengubah data kualitatif menjadi kuantitatif, tabulasi semua data yang diperoleh pada subkomponen, menghitung skor rata-rata, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitian menghasilkan bahan ajar membaca sastra berbasis kontekstual pada siswa kelas VIII SMP. Buku ini terdiri dari tiga bagian, bagian pertama berupa penyajian sampul luar, kata pengantar, penyajian SK dan KD, pendahuluan, daftar isi, dan tinjauan membaca sastra. Bagian kedua berupa isi yang didasarkan SK dan KD yaitu mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama, membuat sinopsis novel remaja, menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel, dan mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi, dan di akhir pembelajaran dicantumkan uji formatif dan evaluasi diri. Bagian ketiga dari penyajian buku ini terdiri dari glosarium, kunci jawaban, dan daftar pustaka Adapun hasil validasi bahan ajar dari ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan siswa menunjukkan bahwa (1) aspek kelayakan isi berkategori “baik”; (2) aspek bahasa dan gambar berkategori “baik”; (3) aspek penyajian “baik”; (4) aspek kegrafikaan “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, membaca sastra, pendekatan kontekstual, siswa kelas VIII SMP, kota Yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20700

Actions (login required)

View Item View Item