KEEFEKTIFAN TEKNIK PANDUAN ANTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN IMOGIRI

Budyariesqa, Viera (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK PANDUAN ANTISIPASI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN IMOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Viera Budyariesqa 08201244019.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik Panduan Antisipasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tidak menggunakan teknik Panduan Antisipasi dan (2) keefektifan teknik Panduan Antisipasi dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Imogiri. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu teknik Panduan Antisipasi dan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Imogiri sebanyak 3 sekolah. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh SMP Negeri 3 Imogiri sebagai sampel sekolah, kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen, dan VIIIE sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan tes membaca pemahaman berdasarkan taksonomi Barret. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Instrumen berjumlah 85 butir soal yang diujicobakan kepada siswa di luar sampel. Validitas konstruk menggunakan analisis faktor diperoleh nilai KMO sebesar 0,504 sehingga terdapat 22 butir soal yang gugur dan 63 butir soal valid. Validitas isi dikonsultasikan kepada ahlinya (Expert Judgement). Hasil reliabilitas instrumen dihitung dengan teknik K-R 20 diperoleh 0,952 (0,952>0,6=reliabel). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil pengujian prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik Panduan Antisipasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman tidak menggunakan teknik Panduan Antisipasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Imogiri Bantul. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor pretest kemampuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan hasil t୦=0,02, dan p=0,998 (0,998>0,05≠signifikan) posttest kemampuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diketahui t୦=6,428, dan p=0,000 (0,000<0,05=signifikan). (2) Pembelajaran membaca pemahaman menggunakan teknik Panduan Antisipasi efektif daripada pembelajaran membaca pemahaman yang tidak menggunakan teknik Panduan Antisipasi. Terbukti dari hasil uji-t kenaikan skor rerata kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh nilai thitung 6,807, p sebesar 0,000 (0,000<0,05), kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 4,281, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok kontrol hanya sebesar 0,385.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panduan antisipasi, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20699

Actions (login required)

View Item View Item