KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MANISRENGGO

Oktaviyani, Vani (2013) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MANISRENGGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vani Oktaviyani 09201241021.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Script dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode Cooperative Script pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Cooperative Script dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest posttest group design. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode Cooperative Script sebagai variabel bebas dan tingkat keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F SMP Negeri 1 Manisrenggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes objektif sebanyak 40 butir soal. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Uji reliabilitas dianalisis dengan menggunakan rumus koefisien alpha cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t yang dilakukan pada kelompok esksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa skor rerata kemampuan membaca pemahaman siswa kelompok kontrol pada saat pretest sebesar 27,65, sedangkan pada saat posttest sebesar 29,87. Kelompok eksperimen memiliki skor rerata kemampuan membaca pemahaman pada saat pretest sebesar 27,81, sedangkan pada saat posttest sebesar 32,28. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa data tersebut signifikan. Data pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 4,555 dengan nilai p sebesar 0,000, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan kata lain, metode Cooperative Script efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cooperative script, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:57
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20698

Actions (login required)

View Item View Item