PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN

Mardiningsih, Suci (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Suci Mardiningsih 09201244024.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa melalui pendekatan proses. Latar belakang diadakannya penelitian di SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan yaitu, kurangnya keterampilan menulis deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan tahun ajaran 2012/2013. Prosedur pelaksanaan tindakan terbagi dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi foto. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, angket, lembar penilaian keterampilan menulis deskripsi, pedoman wawancara, dan alat rekam foto. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran kearah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas XC SMA Muhammadiyah Boarding School Prambanan. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang lebih perhatian, lebih semangat, lebih aktif, dan suasana yang lebih kondusif dalam pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata yang meningkat, yaitu pratindakan 66,8, siklus I 73,5, dan siklus II 80,4. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan proses merupakan salah satu pendekatan yang mampu meningkatkan ketarampilan menulis deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, karangan deskripsi, dan pendekatan proses
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:54
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20697

Actions (login required)

View Item View Item