KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNINGBERBANTUAN VIDEO BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SENTOLO, KULON PROGO

Nurrahmawati, Yuli (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNINGBERBANTUAN VIDEO BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SENTOLO, KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuli Nurrahmawati 09201241070.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis puisiyang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progoyang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model experiential learning; (2) menguji keefektifan model experiential learning dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo yang terdiri atas enam kelas yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID, VIIIE, VIIIF. Berdasarkan teknik purposive samplingditetapkan kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 10,297 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 20,848 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah; (1) ada perbedaan keterampilan menulis puisi yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo yang mendapat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model experiential learningdengan siswa yang mendapat pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model tersebut; (2) model experiential learningefektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, model experiential learning, menulis puisi, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item