KEEFEKTIFAN STRATEGI MERINGKAS BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAMPING, SLEMAN

Larasati, Veronica Ade Rani (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI MERINGKAS BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAMPING, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Veronica Ade Rani Larasati 10201244021.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi meringkas berkelompok dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi meringkas berkelompok di SMA Negeri 1 Gamping, Sleman dan (2) menguji keefektifan strategi meringkas berkelompok dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gamping, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain control group pretest postest. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas berupa strategi meringkas berkelompok dan variabel terikat berupa kemampuan membaca cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping sebanyak 124 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas, yaitu kelas X B sebagai kelompok kontrol dan kelas X D sebagai kelompok eksperimen. Teknik penyempelan yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yaitu penyempelan secara acak berdasarkan klaster. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer, yaitu program iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat ditarik simpulan yaitu: (1)terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cerpen antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen dengan strategi meringkas berkelompok dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen tanpa menggunakan strategi meringkas berkelompok pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping, Sleman; (2) strategi meringkas berkelompok terbukti efektif dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping, Sleman. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 2,834 dengan df=58, dan p sebesar 0,006.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi meringkas berkelompok, membaca cerpen, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item