PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL

Fajri, Sandyan Dwi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sandya Dwi Fajri 10201241005.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pembelajaran yang variatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul dengan menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah kelas VII D SMP Negeri 5 Bangutapan Bantul yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 14 siswa putri dan 14 siswa putra. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dengan menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif, seperti observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan hasil tes menulis puisi.Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tindakan pada tanggal 28 Februari 2014 sampai 14 Maret 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test atau tes awal menulis puisi siswa, yaitu 13,75. Dari hasil tes tersebut dapat dilihat bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan tidak adanya teknik yang mampu menarik minat siswa dalam menulis puisi. Maka diterapkan teknik akrostik dalam pembelajaran. Siswa mulai mengalami peningkatan pada nilai tindakan siklus I, dengan nilai rata-rata siswa yaitu 18,96 dan meningkat sebanyak 5,21. Pada akhir siklus II, nilai rata-rata siswa yaitu 20,50. Siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sampai siklus II menjadi 6,75. Hasil pengamatan per individu terdapat 4 aspek pengamatan dari 28 siswa: (1) keaktifan, (2) perhatian dan konsentrasi siswa, (3) minat siswa dalam pembelajaran, dan (4) keseriusan siswa saat kegiatan menulis puisi. Keempat aspek tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Dari hasil pengamatan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik akrostik mampu memberikan motivasi dan kesenangan dalam proses menulis puisi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 5 Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, teknik akrostik, pembelajaran menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20692

Actions (login required)

View Item View Item