PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Oktovika, Ritha Nur (2013) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ritha Nur Oktavika 09201244072.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung keberhasilan pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Ketiga, mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini berlokasi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan penggunaan dokumen. Data kemudian dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta meliputi pembelajaran keterampilan menyimak, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Pembelajaran keterampilan menyimak meliputi siswa mendengarkan informasi, melihat demonstrasi, tanya jawab dan diskusi, serta siswa menulis informasi. Pembelajaran keterampilan membaca meliputi siswa membaca, kemudian menuliskan informasi terkait tujuan pembelajaran. Pembelajaran keterampilan menulis meliputi siswa melihat demonstrasi, menulis teks berita dan menulis puisi bebas dengan mengamati lingkungan sekolah, (2) faktor pendukung keberhasilan pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia yang meliputi keterampilan menyimak, membaca, dan menulis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta antara lain partisipasi aktif siswa sebagai subjek pembelajaran dan peran guru sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator, (3) adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari siswa antara lain, membuat kegaduhan, tidak memperhatikan guru, dan tidak mau mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keterampilan Berbahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item