KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Lusiana, Rima (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rima Lusiana 09201241073.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan kemampuan menulis eksposisi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi double entry journals dan yang tidak menggunakan strategi double entry journals, (2) menguji keefektifan strategi double entry journals dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA N 7 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest – posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling diperoleh kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 5 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest yang dilakukan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf sinifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis uji-t independen data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh th sebesar 0.076 dan p sebesar 0.22. Hasil uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh th sebesar 6.006 dan p sebesar 0. 000. Kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 7.5 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 4.94. Berdasarkan data tersebut simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis eksposisi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journals dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journals, (2) strategi double entry journals efektif digunakan dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi double entry journals, kemampuan menulis eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item