KEEFEKTIFAN TEKNIK SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA

Arifin, Ridwan (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X MA ALI MAKSUM KRAPYAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ridwan Arifin 09201249001.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa yang pembelajarannya menggunakan teknik scaffolding dan siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan teknik scaffolding. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan teknik scaffolding dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X MA Ali Maksum Krapyak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ali Maksum Krapyak, dengan kelas XG sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen, setiap kelas tersebut terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa pra tes dan pasca tes. Validitas yang digunakan yaitu uji validitas isi dan dikonsultasikan kepada ahli di bidangnya (expert judgement). Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 20.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas pra tes kelompok kontrol 0,054, pasca tes kelompok kontrol 0,082, pra tes kelompok eksperimen 0,081, dan pasca tes kelompok eksperimen 0,443. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data pra tes menunjukkan 0,908 dan pasca tes menunjukkan 0,052 (P > 0,05 = homogen). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis cerpen siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0. Uji-t data pasca tes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai P = 0,000(P < 0,05 = signifikan). Keefektifan teknik scaffolding dilihat dari uji-t prates dan pascates kelompok kontrol dan pretest dan pasca tes kelompok eksperimen. Hasil uji-t pra tes dan pasca tes kelompok kontrol diperoleh sig (2-tailed) 0,133 (tidak signifikan), sedangkan hasil uji-t pra tes dan pasca tes kelompok eksperimen diperoleh sig (2-tailed) 0,000 (signifikan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik scaffolding, menulis cerpen, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:20
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item View Item