KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK ALOUDS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SLEMAN

Meliasari, Putri (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK ALOUDS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Putri Meliasari 09201244008.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi Think Alouds dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Think Alouds pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman; menguji keefektifan strategi Think Alouds dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman yang terdiri dari kelas VII A, VII B, danVII C dengan jumlah keseluruhan 96 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, kelas VII C terpilih sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes membaca pemahaman yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 40 soal. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi (content validity). Reliabilitas instrumen diketahui dari tingkat alpha yang keseluruhan pengerjaannya dibantu dengan komputer program Iteman. Hasil perhitungan menunjukkan nilai alpha sebesar 0.698, yang berarti sedang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 20 menunjukan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai th sebesar 5, 202, p sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi Think Alouds dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi Think Alouds pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sleman, kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 1,94 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol -0,63. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa strategi Think Alouds efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa SMP Negeri 5 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Think Alouds, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20686

Actions (login required)

View Item View Item