Dewi, Putri Lusiana (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI PARAFRASE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Putri Lusiana Dewi 09201244027.pdf Download (233MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi parafrase dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi parafrase, dan (2) menguji keefektifan penggunaan strategi parafrase dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi parafrase, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 12 Yogyakarta. Teknik penyampelan yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman berbentuk tes esai dan tes menceritakan kembali. Untuk menguji validitasnya, instrumen dalam penelitian ini dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement) yang dalam hal ini adalah dosen mata kuliah membaca pemahaman. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%, sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis uji normalitas dengan teknik Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas dengan teknik one way anova menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar 14,754, p sebesar 0,000 (0,000<0,05=signifikan) dengan df 64. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan strategi parafrase dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi parafrase. Hasil uji-t awal dan tes akhir kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar 15,797, p sebesar 0,000 (0,000<0,05=signifikan) dengan df 32 serta kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen sebesar 11,25 sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 1,46. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi parafrase efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP N 12 Yogyakarta.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | strategi parafrase, keefektifan, membaca pemahaman |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 16 Jun 2015 02:10 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 23:37 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
