KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN READ DISCCUS (LRD) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TEMPEL YOGYAKATA

Retmawasari, Nita (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI LISTEN READ DISCCUS (LRD) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TEMPEL YOGYAKATA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nita Retmawasari 09201241042.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi LRD dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi LRD pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tempel. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi LRD dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest Posttest Contol Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA N 1 Tempel, dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan tes membaca pemahaman berdasarkan taxonomi Barett. Validitas yang digunakan adalah validitas butir yang dibantu dengan komputer program iteman. Reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach yang diperoleh hasil -0,930. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data dengan teknik Uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Hasil perhitungan Pretest dan Posttest kedua kelompok normal dan homogen. Analisis Uji-t data pretest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperoleh thitung -0,930 dan (sig 0,357>0,05) Hasil tersebut menunjukkan kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelopok kontrol sama atau tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok tersebut. Hasil Uji-t pada posttest kemampuaan membaca pemahaman kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memperoleh thitung -3,505 dan (sig 0,001<0,05) . Berdasarkan data tersebut simpulan hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diajar menggunakan strategi Listen Read Discuss (LRD) dan tanpa strategi Listen Read Discuss (LRD). Hasil analisis Uji-t data Pretest dan Posttest tersebut menunjukkan bahwa strategi Listen Read Discuss (LRD) efektif digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tempel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: listen read discuss, membaca pemahaman, SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20683

Actions (login required)

View Item View Item