KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES GENRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM

Zaedun, Munif (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROSES GENRE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Munif Zaedun 10201241038.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Keefektifan Pendekatan Proses Genre dalam Pembelajaran Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem” bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang siginifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan proses genre dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan proses genre. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan proses genre dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem sebanyak 100 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak sederhana. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu tes awal dan tes akhir menulis surat dinas. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes menulis surat dinas. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahlinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis surat dinas dengan menggunakan pendekatan proses genre efektif dibandingkan pembelajaran menulis surat dinas tanpa menggunakan pendekatan proses genre. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 8,781 dengan df 44 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,021. Hasil tersebut menunjukkan Nilai thitung:8,781>-ttabel:2,021 pada signifikansi 5%) yang berarti ada perbedaan kemampuan menulis surat dinas antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya, untuk hasil uji-t skor tes awal dan tes akhir eksperimen diketahui nilai thitung sebesar-11,020 dengan df 22 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,074. Hasil tersebut menunjukkan nilai th: -11,020<-ttb: -2,074 pada signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan proses genre, menulis surat dinas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:57
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item View Item