PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANTUL

Kartika, Lisna Mutia (2014) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lisna Mutia Kartika 09201241035.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ditinjau dari komponen pembelajaran yang meliputi guru, siswa, materi, tujuan, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu manusia (peneliti sendiri). Sumber utama penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dihimpun melalui observasi partisipatif dan wawancara mendalam terhadap narasumber, yaitu guru pengampu dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Data sekunder dihimpun dari silabus, RPP yang dibuat oleh guru, dan produk tulisan siswa. Pengecekan kebenaran dalam penelitian ini dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. (1) Guru dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi fasilitator dan mediator yang baik dengan memberi peluang siswa untuk aktif dalam merespon materi pembelajaran, (2) siswa telah menguasai pembelajaran keterampilan menulis sesuai dengan KD pembelajaran keterampilan menulis yang telah diajarkan, (3) Sumber materi yang digunakan yaitu buku paket, LKS, pengadaan sendiri, dan internet, (4) tujuan pembelajaran sudah tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran yang tertuang dalam silabus dan RPP yang telah guru susun, (5) metode yang diterapkan cukup bervariasi yaitu ceramah, inkuiri, tanya jawab, unjuk kerja, sugesti-imajinatif, integratif, dan penugasan, (6) media yang digunakan berupa media cetak, media pandang proyeksi, dan media pandang nonproyeksi, dan (7) evaluasi dilakukan dengan cara lisan sebagai pembukaan dan evaluasi tertulis dalam proses pembelajaran dan setelah proses pembelajaran kemudian diakhiri dengan penilaian otentik. Ranah evaluasi mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item