KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO

Astuti, Indri (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Indri Astuti 08201244004.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis cerpen pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Episodic Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Episodic Mapping. Penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan strategi Episodic Mapping dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretestposttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah, variabel bebas, yaitu strategi Episodic Mapping, dan variabel terikat, yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo, kabupaten Kulon Progo. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,853 yang lebih besar dari nilai koefisien 0,6. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor hasil post-test dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis cerpen siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Episodic Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa mengunakan strategi Episodic Mapping, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t yaitu berupa skor thitung lebih besar dari skor ttabel (th = 5,574 > tt = 2,042 ) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 62. Strategi Episodic Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t menunjukkan bahwa skor thitung (th) adalah sebesar 8,068 dengan db 31. Skor thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db 31. Skor ttabel (tt) pada taraf signifikansi 5% dan db 31 adalah 2,042. Hal itu menunjukkan bahwa skor thitung lebih besar daripada skor ttabel (th = 8,068 > tt = 2,042). Berdasarkan hasil tersebut, maka strategi episodic mapping efektif digunakan pada pembelajaran sastra di kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: episodic mapping, menulis cerita pendek, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20679

Actions (login required)

View Item View Item