PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas)

Sari, Fitriana Ebta (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitriana Ebta Sari 06201244049.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi sugestif dengan media Gambar Seri pada siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 36 siswa. Prosedur pelaksanaan dan implementasi tindakan di lokasi penelitian terbagi dalam tiga siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, penilaian keterampilan menulis narasi sugestif, angket, wawancara dengan guru dan siswa, pedoman penskoran yang dianalisis secara kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analisis data produk. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (hasil, proses, demokratik, dialog) dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Gambar Seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi sugestif siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi sugestif tampak dari kualitas proses dan produk. Peningkatan kualitas proses dapat dilihat pada pelaksanaan proses pembelajaran yang berlangsung lebih menarik, menyenangkan, dan dapat dilihat dari kondisi siswa yang lebih aktif berperan serta dalam pembelajaran. Siswa lebih antusias, lebih mandiri dan tidak selalu bergantung kepada guru. Peningkatan kualitas proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik keterampilan menulis narasi sugestif dari pratindakan hingga siklus III. Pada pratindakan, nilai rerata siswa sebesar 48,89 dan pada akhir siklus III nilai rerata siswa menjadi 76,49, yang berarti terjadi kenaikan nilai rerata sebesar 27,6 atau setara dengan 36,08%. Dengan demikian, keterampilan menulis karangan narasi sugestif siswa Kelas XA SMA Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta mengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah dikenai tindakan dengan menggunakan media Gambar Seri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan keterampilan menulis, narasi sugestif, media gambar seri
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item