UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TEXT PREVIEW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PLAYEN, GUNUNGKIDUL

Permanasari, Etika (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TEXT PREVIEW PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PLAYEN, GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Etika Permanasari 09201244075.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca cerita anak dengan menggunakan strategi Text Preview pada siswa kelas VII D SMPN 2 Playen, Gunungkidul. Melalui strategi Text Preview, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa SMPN 2 Playen, Gunungkidul. Objek pada penelitian ini adalah kemampuan siswa membaca cerita anak siswa kelas VII D SMPN 2 Playen, Gunungkidul. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II, masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Data diperoleh dengan menggunakan angket, pedoman pengamatan, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian, dan dokumentasi kegiatan. Teknik untuk mencapai kredibilitas data mencakup validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogik. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analisis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut. Pertama, dilihat dari peningkatan secara proses, penggunaan strategi Text Preview dapat meningkatkan keterampilan membaca cerita anak. Hal tersebut ditunjukkan adanya keaktifan siswa, antusiasme, dan semangat dari siswa saat pembelajaran. Kedua, peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil membaca dari pratindakan, siklus I hingga siklus II. Peningkatan nilai rata-rata pada pada pratindakan adalah 58,8, pada siklus I meningkat menjadi 72,7, pada siklus II meningkat menjadi 84,3. Peningkatan nilai rata-rata hitung dari pratindakan ke siklus I sebesar 13,9, sedangkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 11,6. Dengan demikian, keterampilan membaca cerita anak siswa kelas VII D SMPN 2 Playen, Gunungkidul, telah mengalami peningkatan baik secara produk maupun secara proses setelah diberi tindakan dengan menggunakan strategi Text Preview.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Membaca Cerita Anak, Strategi Text Preview
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20676

Actions (login required)

View Item View Item