KEEFEKTIFAN STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nurhayati, Endah (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Endah Nurhayati 07201244027.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: a) adanya perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Lingkaran Pertanyaan dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Lingkaran Pertanyaan, b) membuktikan keefektifan strategi Lingkaran Pertanyaan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Strategi Lingkaran Pertanyaan digunakan dalam penelitian ini dengan dilandaskan pada asumsi bahwa strategi Lingkaran Pertanyaan memiliki beberapa kelebihan sehingga perlu diujikan keefektifannya dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta yang terbagi dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa XD sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis deskripsi. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,772, sehingga dinyatakan reliabel. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis deskripsi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Lingkaran Pertanyaan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung (th) lebih besar dari skor ttabel (th=8,258> tt=2,000) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 62. Strategi Lingkaran Pertanyaan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi, hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan berupa skor thitung (th) lebih besar daripada skor ttabel (th=11,913 > tt=2,042) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 31.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi lingkaran pertanyaan,pembelajaran menulis karangan deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20675

Actions (login required)

View Item View Item