KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI FIND THE FEATURES DALAM KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGNONGKO KLATEN

Pratiwi, Artika Bekti (2013) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI FIND THE FEATURES DALAM KETERAMPILAN MEMBACA CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGNONGKO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artika Bekti Pratiwi 09201244003.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan keterampilan membaca cerita anak antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Find the Features dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Find the Features, dan (2) keefektifan strategi Find the Features dalam pembelajaran membaca cerita anak kelas VII SMP Negeri 2 Karangnongko, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian berupa strategi Find the Features dan variabel terikat berupa kemampuan membaca cerita anak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangnongko, Klaten. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIB sebagai kelompok kontrol dan kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes berupa soal pilihan ganda yaitu 60 soal. Uji validitas instrumen ini dikonsultasikan pada ahlinya. Instrumen juga diuji dengan menggunakan komputer program iteman untuk menentukan butir yang valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukan bahwa varians data penelitian ini homogen. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t independen data posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,354 dengan df 59 dan nilai p sebesar 0,000. p < 0,05. Hasil perhitungan uji-t sampel berhubungan diperoleh thitung sebesar 8,316 dengan df 30dan nilai p sebesar 0,000. p < 0,05. Hal ini menunjukkan perbedaan keterampilan membaca cerita anak yang signifikan antara kelompok yang menggunakan strategi Find the Features dan kelompok yang tidak menggunakan strategi Find the Features. Setelah dilakukan uji-t pretest dan posttest masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 8,316 > 0,401. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Find the Features efektif digunakan dalam pembelajaran cerita anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan strategi, Find the Features, membaca cerita anak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20674

Actions (login required)

View Item View Item