KEEFEKTIFAN STRATEGI PERPUTARAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HIKAYAT PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN, SLEMAN

Budianto, Arif (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PERPUTARAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HIKAYAT PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arif Budianto 09201244070.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan keterampilan membaca hikayat pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Perputaran Bahasa dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Perputaran Bahasa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi Perputaran Bahasa dalam pembelajaran membaca hikayat pada siswa kelas X MAN Godean. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan pengundian dari enam kelas diperoleh kelas X B sebagai kelas eksperimen dan kelas X C sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Validitas instrumen yang digunakan berupa validitas isi. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan alpha pada program Iteman diperoleh sebesar 0,835. Hasil analisis uji-t data posttest kemampuan membaca hikayat KK dan KE menunjukkan bahwa hasil analisis uji-t diperoleh th sebesar 3,261 dengan df = 59 dan p = 0,002. Nilai p lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 (0,002<0,05).Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan membaca hikayat KE, diperoleh th sebesar 10,944, df = 30 dan p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Kesimpulan pertama, ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan membaca hikayat pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Perputaran Bahasa dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Perputaran Bahasa pada siswa kelas X MAN Godean dan kedua, strategi Perputaran Bahasa terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca hikayat pada siswa kelas X MAN Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi Perputaran Bahasa, membaca hikayat, siswa MAN Godean
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20673

Actions (login required)

View Item View Item