PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS GENRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMPN 3 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, DIY

Madaimama, Alfika Rachmah (2014) PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS GENRE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMPN 3 WONOSARI, GUNUNGKIDUL, DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alfika Rachmah Madaimama 09201241017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis pantun siswa dengan mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan berbasis genre dalam pembelajaran menulis pantun siswa kelas VII SMPN 3 Wonosari, Gunungkidul, DIY. Peningkatan tersebut mencakup proses dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Wonosari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMPN 3 Wonosari yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar pengamatan, catatan lapangan, lembar penilaian, dan dokumentasi kegiatan. Teknik untuk mencapai kredibilitas data mencakup validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogik. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analisis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut. Pada hasil pratindakan saat proses pembelajaran menulis pantun, keaktifan siswa masih didominasi oleh beberapa siswa dan antusiasme siswa masih kurang sehingga skor rata-rata hasil menulis pantun masih blum memenuhi KKM. Setelah diterapkan pendekatan berbasis genre terjadi peningkatan proses pembelajaran menulis pantun. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa, antusiasme, dan rasa percaya diri dari siswa saat pembelajaran. Peningkatan juga terjadi pada skor hasil menulis pantun dari pratindakan, siklus I hingga siklus II. Peningkatan nilai rata-rata pada pada pratindakan adalah 68,57, pada siklus I meningkat menjadi 79,25, pada siklus II meningkat menjadi 84,94. Dengan demikian, keterampilan menulis pantun siswa kelas VII B SMPN 3 Wonosari telah mengalami peningkatan baik secara produk maupun secara proses setelah diberi tindakan dengan menggunakan pendekatan berbasis genre.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penerapan, pendekatan berbasis genre, menulis pantun
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item