KEEFEKTIFAN TEKNIK PERINTAH INDIVIDU DALAMPEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PUNDONG BANTUL

Sustriani, Alfi (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK PERINTAH INDIVIDU DALAMPEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PUNDONG BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alfi Sustriani 09201244062.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan antara kemampuan membaca pemahaman siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik Perintah Individu dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik Perintah Individu pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pundong Bantul, dan (2) keefektifan teknik Perintah Individu dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pundong Bantul. Desain penelitian menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi Perintah Individu dan variabel terikat berupa keterampilan membaca pemahaman yang dimiliki oleh setiap siswa. populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pundong Bantul yang terbagi dalam 7 kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, VIIF, dan VIIG, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes kemampuan membaca pemahaman. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,821. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa data tes akhir kemmapuan membaca pemahaman KK dan KE diperoleh thitung sebesar 2,260 dengan df = 62, pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Selain itu, diperoleh nilai p sebesar 0,011. Nilai p lebih kecil daripada taraf kesalahan sebesar 0,05 (0,011 < 0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman pada siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik Perintah Individu dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik Perintah Individu pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pundong. Hasil perbandingan uji-t pada skor tes awal dan tes akhir kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 9,225 dengan df = 30 dan p= 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000<0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa teknik Perintah Individu terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP negeri 2 Pundong Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perintah individu, membaca pemahaman, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20671

Actions (login required)

View Item View Item