KEEFEKTIFAN STRATEGI PETA MENULIS CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Hermansyah, Agung Wahyu (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI PETA MENULIS CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agung Wahyu Hermansyah 09201244032.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan keterampilan menulis narasi ekspositoris antara kelompok siswa yang diajar menggunakan strategi peta menulis cerita dan kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi peta menulis cerita, dan (2) keefektifan strategi peta menulis cerita dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Strategi peta menulis cerita digunakan dalam penelitian ini dengan dilandaskan pada asumsi bahwa strategi peta menulis cerita memiliki beberapa keunggulan sehingga perlu diujicoba keefektifannya dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group desain. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi peta menulis cerita dan variabel terikat yang berupa keterampilan menulis narasi ekspositoris. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta berjumlah 224. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas XE sebagai kelompok kontrol dan kelas XD sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes menulis narasi ekspositoris. Dari hasil uji normalitas sebaran data diperoleh nilai p prates kelompok kontrol 0,135, prates kelompok eksperimen 0,176, pascates kelompok kontrol 0,152, dan pascates kelompok eksperimen sebesar 0,141. Nilai p > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai p skor prates sebesar 0,066 dan skor pascates sebesar 0,593. Nilai p > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada nilai prates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 1,171 dan ttabel sebesar 1,990 serta p sebesar 0,246. Nilai thitung < ttabel dan p lebih besar dari taraf signifikansi 5% maka tidak signifikan, sedangkan pada nilai pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 8,431 dan ttabel sebesar 1,990 serta p sebesar 0,000. Nilai thitung > ttabel dan p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi ekspositoris yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis menggunakan strategi peta menulis cerita dengan kelompok yang tidak menggunakan strategi peta menulis cerita, dan (2) strategi peta menulis cerita efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi peta menulis cerita, narasi ekspositoris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 01:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item View Item