Mainar, Eriani Ulfah (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA KERING MENGGUNAKAN MEDIA ALG (ALAT LEBAR GANTUNG) SISWA KELAS XI DI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Mainar Erina Ulfa 09513247006.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATERI PENYELESAIAN GAMBAR SECARA KERING MENGGUNAKAN MEDIA ALG (ALAT LEBAR GANTUNG) SISWA KELAS XI DI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA Oleh: Mainar Eriani Ulfah 09513247006 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung) siswa kelas XI di SMK PIRI 2 Yogyakarta ditinjau dari tujuan pembelajaran, peserta didik, guru, metode, media, materi dan evaluasi; 2) Mengetahui hasil belajar materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung) di SMK PIRI 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang digolongkan dalam metode penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pada materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung). Subyek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran desain dan siswa kelas XI yang berjumlah 10 siswa, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung) yang meliputi komponen-komponen yaitu tujuan pembelajaran, peserta didik, guru, metode, materi, media dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes unjuk kerja. Validitas dan reliabilitas menggunakan antar rater, yaitu beberapa pendapat dari para ahli (jugment expert). Teknik analisis data untuk tes unjuk kerja menggunakan statistik diskriptif dengan presentase dan untuk lembar observasi menggunakan diskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran pada materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung) di SMK PIRI 2 Yogyakarta ditinjau dari tujuan pembelajaran, peserta didik, guru, metode, materi, media dan evaluasi sudah baik dan tujuan pengajaran tercapai. Adapun data yang diperoleh berdasarkan komponen-komponennya yaitu: tujuan pembelajaran, hasil yang diperoleh adalah 91.67% dan dinyatakan baik, peserta didik hasil yang diperoleh adalah 81.48% dan sudah dinyatakan baik, guru hasil yang diperoleh adalah 88.89% dan dinyatakan sudah baik, metode hasil yang diperoleh adalah 100% dan dinyatakan baik, materi hasil yang diperoleh adalah 100% dan dinyatakan baik, media hasil yang diperoleh adalah 86.67% dan dinyatakan baik dan evaluasi hasil yang diperoleh adalah 80% dan dinyatakan baik. 2) pencapaian hasil belajar siswa yang berjumlah 10 siswa diperoleh adalah 40% siswa berada dalam kategori baik, 40% siswa dalam kategori cukup dan 20% siswa berada dalam kategori kurang. Berdasarkan kategori tersebut, maka ketuntasan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penyelesaian gambar secara kering adalah 80% siswa tuntas sedangkan 20% siswa belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat dinyatakan bahwa tujuan pengajaran pada pelaksanaa pembelajaran materi penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG (Alat Lebar Gantung) siswa kelas XI di SMK PIRI 2 Yogyakarta telah tercapai. Ketercapaian ini dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran materi penyelesaian gambar secara kering. Kata kunci: pembelajaran penyelesaian gambar secara kering menggunakan media ALG di SMK PIRI 2 Yogyakarta
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
| Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
| Depositing User: | Margiyanti |
| Date Deposited: | 16 Jun 2015 01:03 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 23:36 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
