M. Beny, Dwifa (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS IT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PEMELIHARAAN DAN SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN, SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
M.Beny Dwifa 07504241008.pdf Download (38MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS IT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PEMELIHARAAN DAN SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN, SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. Oleh : M. Beny Dwifa NIM. 07504241008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivistik model Guided Discovery Learning berbasis IT terhadap prestasi belajar siswa kelas X, mata diklat Perbaikan dan Servis Sisitem Bahan Bakar Bensin Teknik Kendaraan Ringan SMK N 3 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Post-test Only Control Design. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan randam kelas dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 68 orang yang berasal dari dua kelas yaitu kelas X KR3 dan X KR4 tahun ajaran 2011/2012 dari total populasi 4 kelas. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode test prestasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan 2 cara yaitu dilakukan dengan dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgement experts) berikutnya dilakukan analisis butir dengan menggunakan validitas empiris (empirical validity). Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus kuder richadson 20 (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan uji-t satu pihak yaitu pihak kanan dengan taraf kesalahan yang ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa metode pembelajaran konstruktivistik model Guided Discovery Learning berbasis IT berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan khususnya untuk mata diklat pemeliharaan dan servis sistem bahan bakar bensin. Terbukti dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t satu pihak yaitu t hitung > t tabel dengan nilai 27,05 > 2,00, sehingga Hipotesis penelitian diterima. Dapat dilihat juga dari nilai rerata yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi 14,46% dari kelas kontrol. Kata kunci : Guided Discovery Learning (GDL), Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 00:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20665 |
Actions (login required)
View Item |