PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKAKARTA

Titiek, Agustinari (2015) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN JETIS KOTA YOGYAKAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titiek Agustinari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (2) Pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, (3) Pengaruh secara bersama-sama antara motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri se Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian sampel, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan maksud setiap subjek mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri se Kecamatan Jetis. Subjek yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 52 orang guru yang dihitung berdasarkan teknik pengambilan sampel 50%. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana yaitu analisisnya dengan membandingkan nilai t tabel dengan t hitung dan uji regresi ganda yang analisisnya membandingkan antara F hitung dengan F tabel. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Jetis dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung < rtabel (0.533 < 0,279) dengan koefisien determinasi sebesar 0,284 yang artinya sebesar 28,4% variabel ini mempengaruhi kinerja guru dan 71,6% dipengaruhi variabel lain. (2) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Jetis dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung < rtabel (0.638 < 0,279) dengan koefisien determinasi sebesar 0,407 yang artinya sebesar 40,7% variabel ini mempengaruhi kinerja guru dan 59,3% dipengaruhi variabel lain. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru dibuktikan dengan koefisien korelasi rhitung < rtabel (0.686 < 0,279) dengan sumbangan efektifnya sebesar 47% yang berarti 53% kinerja guru dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20645

Actions (login required)

View Item View Item