PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Barata, Agriat and Listyani, Endang (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK SISWA KELAS VII DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi agriat barata (08301244007) PDF.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk berupa RPP dan LKS melalui model pengembangan ADDIE yang layak ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP untuk ahli untuk mengukur kevalidan RPP, lembar penilaian LKS untuk ahli untuk mengukur kevalidan LKS, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan RPP, angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan RPP dan LKS, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan RPP dan LKS. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran (RPP dan LKS) matematika pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII dengan pendekatan kontekstual. (1) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan RPP, rata-rata skor keseluruhan sebesar 231,5 dengan kriteria ”Baik”. (2) Berdasarkan hasil lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, diperoleh rata-rata persentase skor sebesar 93,75 % dengan kriteria “Sangat Baik”. (3) Berdasarkan angket respon guru diperoleh jumlah skor 18 dengan kriteria “Baik” sehingga RPP dapat dikatakan praktis. (3) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS, diperoleh rata-rata skor keseluruhan 139,5 dengan kriteria “Baik”. (4) Berdasarkan hasil angket respon siswa, diperoleh presentasi rata-rata skor keseluruhan sebesar 93,01 % dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga LKS dapat dikatakan praktis. (5) Berdasarkan hasil tes hasil belajar diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 87,09% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga RPP dan LKS dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 16 Jun 2015 00:28
Last Modified: 29 Jan 2019 23:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20635

Actions (login required)

View Item View Item