IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI SMTI YOGYAKARTA DAN SMKN 4 YOGYAKARTA

Fahrudin, - (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI SMTI YOGYAKARTA DAN SMKN 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fahrudin.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMTI Yogyakarta dan SMKN 4 Yogyakarta, yang difokuskan pada program kerja hubungan sekolah dengan masyarakat yang mendukung pelaksanaan PSG, implementasi manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam PSG, kendala implementasi manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam PSG. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) program kerja hubungan sekolah dengan masyarakat yang mendukung pelaksanaan PSG di SMTI Yogyakarta antara lain; a) kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI); b) promosi sekolah; c) uji kompetensi siswa; d) dokumentasi kegiatan sekolah; e) sertifikasi Praktik Kerja Lapangan (PKL); f) kunjungan industri; g) penelusuran tamatan; h) rekruitmen pekerjaan; dan i) Praktik Kerja Lapangan (PKL). Ada pun di SMKN 4 Yogyakarta antara lain; a) Praktik Kerja Lapangan (PKL); b) evaluasi program prakerin; c) penelusuran tamatan; d) sinkronisasi kurikulum; e) pencitraan atau penerbitan media komunikasi; f) promosi sekolah; dan g) pengembangan hubungan dengan masyarakat. 2) Pelaksanaan hubungan sekolah dengan masyarakat dalam PSG di SMTI Yogyakarta yaitu melalui a) kerjasama dengan DU/DI; b) rekruitmen pekerjaan; dan c) Praktik Kerja Lapangan (PKL). Ada pun di SMKN 4 Yogyakarta yaitu melalui a) Praktik Kerja Industri (Prakerin); b) sinkronisasi kurikulum; dan c) penelusuran tamatan. 3) Kendala implementasi manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat dalam PSG di SMTI Yogyakarta antara lain; a) komunikasi antara sekolah dengan pihak DU/DI belum berjalan secara efektif; b) tumpang tindih wewenang dan tanggung jawab dalam pengelolaan PKL; c) pembiayaan kegiatan PKL hanya berasal dari siswa. Ada pun di SMKN 4 Yogyakarta antara lain; a) komunikasi antara humas dengan DU/DI dan orang tua belum efektif; b) kurangnya sumber daya manusia di bidang humas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 23:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20631

Actions (login required)

View Item View Item