PELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 3 GODEAN

Budi Setiyo, Prabowo (2015) PELAKSANAAN STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 3 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Budi Setiyo Prabowo.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan yang terdiri dari: (1) perencanaan program; (2) pelaksanaan program; (3) pengawasan dan evaluasi; (4) kepemimpinan sekolah; serta (5) pengembangan sistem informasi manajemen di SMP Negeri 3 Godean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, mengacu pada metode penelitian pendidikan, penelitian mengarah pada jenis evaluatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pencermatan dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan tahapan mengorganisasikan data, reduksi data, pengelompokkan berdasarkan kategori, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan program di SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan Standar Pengelolaan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah karena telah meliputi perumusan dan penetapan visi, misi, tujuan sekolah, penyusunan rencana kerja sekolah jangka empat tahunan dan satu tahunan, serta aspek perencanaan dan pedoman sekolah. (2) Pelaksanaan program di SMP Negeri 3 Godean merupakan aspek yang lebih dominan dibandingkan dengan komponen standar pengelolaan pendidikan lainnya, hal ini karena setiap program dijalankan oleh masing-masing warga sekolah dengan penuh kesadaran dan sesuai dengan pembagian tugas yang telah ditetapkan. (3) Pengawasan dan evaluasi pendidikan di SMP Negeri 3 Godean telah dilaksanakan sesuai dengan kaidah standar pengelolaan pendidikan. (4) Kepemimpinan sekolah di SMP Negeri 3 Godean sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan karena struktur kepemimpinan terdiri dari kepala sekolah dibantu dengan wakil kepala sekolah dan koordinator urusan serta sudah menyadari peranan dan fungsi masing-masing untuk mendukung optimalisasi pengelolaan menuju sekolah yang bermutu. (5) Pengembangan sistem informasi manajemen sudah cukup baik, akan tetapi masih perlu ditingkatkan pada aspek penggunaan fasilitas untuk mendukung administrasi dan pengelolaan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 23:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20622

Actions (login required)

View Item View Item